Cetak Stiker Label: 7 Poin yang Harus Tercantum Pada Label Produk

Label produk adalah faktor yang penting dalam melakukan branding sebuah produk. Selain itu, label produk juga menjadi salah satu instrumen yang akan dilihat oleh konsumen maupun calon konsumen sebelum pemutusan pembelian.

Dalam dunia pemasaran, keberadaan dari label produk dapat diibaratkan sebagai sebuah identitas atau alat pembeda dari produk satu dan produk satunya. Inilah mengapa label produk sangat penting bagi para produsen kepada calon konsumennya dalam menyampaikan informasi mengenai produk yang akan dijual. Oleh karena itu, ada 7 poin yang patut Anda cantumkan pada label produk Anda sebelum akhirnya Anda mencetak stiker label dan dibaca oleh para calon konsumen.

  1. Brand produk

Mencatumkan nama dari brand produk Anda adalah wajib hukumnya. Hal ini dilakukan agar calon konsumen tau dan aware tentang produk Anda. Pencantuman nama juga penting karena itu adalah salah satu identitas dari produk Anda. Jika Anda tidak mencantumkan nama brand Anda, maka ketika produk Anda populer di kalangan konsumen Anda, mereka akan kesulitan dalam mencarinya di lain waktu.

  1. Berat bersih produk

Jika Anda berencana untuk meletakkan produk Anda pada packaging yang unik, maka penting bagi Anda untuk mencantumkan berat bersih dari produk Anda pada label produk Anda. Selain karena Anda harus menjaga kualitas produk Anda, ada beberapa konsumen yang juga mempertimbangkan kuantitas dari suatu produk pada setiap kemasan atau packaging.

  1. Informasi produsen atau distributor

Sebelum Anda cetak stiker label untuk produk Anda, informasi asal-usul produsen maupun distributor produk dapat menjadi salah satu hal yang banyak ditanyakan oleh calon konsumen. Jika produk Anda adalah produk dalam negeri, umum bagi Anda mencatumkan nama dan alamat produsen produk Anda pada label produk. Sedangkan jika produk yang Anda jual Adalah produk luar negeri, maka Anda tetap harus mencantumkan alamat dari distributor yang meng-import produk tersebut.

  1. Komposisi yang digunakan

Poin keempat yang perlu Anda cantumkan pada label produk adalah komposisi atau bahan apa saja yang terkandung dalam produk Anda. Poin ini perlu dicantumkan agar menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, misal alergi saat pemakaian atau saat konsumsi.

  1. Legalitas

Inilah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan oleh Anda saat akan mencetak stiker label suatu produk, khususnya di Indonesia. Legalitas ini dapat berupa BPOM atau izin halal dari MUI atau izin sementara dari dinas kesehatan. Hal ini dilakukan agar konsumen lebih percaya dengan produk Anda.

  1. Kode produksi

Kode produksi adalah sebuah kode yang menjelaskan tentang proses produksi dari sebuah produk yang dibuat dalam kondisi dan waktu yang sama. Kode produksi sendiri biasanya terdapat tanggal atau juga bulan dan tahun pembuatannya.

  1. Barcode
    Barcode Label

Jika Anda ingin menjual produk Anda dengan jumlah yang besar, maka Anda tentunya membutuhkan menggunakan label barcode. Ini salah satu hal penting yang harus Anda cantumkan dalam label produk Anda untuk memudahkan pengidentifikasian produk dengan mudah.

[Baca juga: Mengenal Label Barcode]

Itulah tadi 7 poin yang patut Anda cantumkan sebelum Anda mencetak stiker label untuk produk Anda. Jika Anda sedang mencari tempat untuk mencetak stiker label bagi produk Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada CAP LABEL (PT Cakra Anugerah Perkasa). CAP LABEL (PT Cakra Anugerah Perkasa) sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan pelayanan pembuatan label di seluruh negeri.

Selain menyediakan label produk, CAP LABEL juga menyediakan beberapa produk label lainnya, termasuk label barcode hingga hangtag roll. Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat memperolehnya melalui website official CAP LABEL di caplabel.com atau langsung menghubungi customer service CAP LABEL di nomor (021) 690 4257.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *