Barcode Label

Mengenal Label Barcode

label barcode

Label barcode yang tertempel pada suatu barang berperan sangat penting dalam transaksi yang terjadi pada sebuah produk antara pembeli dan penjual. Dengan adanya sistem barcoding, semua barang dapat menjadi lebih tertata rapi dan put in place. Barcode sendiri adalah sebuah susunan dari garis vertical yang memiliki warna hitam putih dan berfungsi untuk menyimpan data spesifik, seperti kode produksi, nomor identitas, dan lainnya sehingga sistem komputer dapat mengidentifikasi harga dari suatu produk dengan cepat. Penggunaan barcode yang paling mudah kita jumpai, yaitu saat berbelanja di supermarket.

Manfaat Label Barcode

Selain untuk mengidentifikasi harga produk dan meningkatkan akurasi dari jenis ataupun potongan harga yang terjadi saat itu, barcode ini mampu memberikan berbagai manfaat lain. Berikut ini adalah berbagai manfaat lain dari menggunakan barcode.

  • Proses penginputan data lebih cepat sebab pencatatan data lebih cepat daripada menginput data secara manual.
  • Teknologi barcode yang memiliki ketepatan sangat tinggi dalam pencarian data
  • Lebih akurat dalam penelusuran informasi sebab teknologi barcode memiliki akurasi yang sangat tinggi
  • Mengurangi biaya sumber daya manusia sebab bisa menghindari kerugian dari kesalahan pencatatan data serta mengurangi pekerjaan yang dikerjakan secara manual secara berulang-ulang.
  • Kinerja manajemen akan meningkat. Hal ini dikarenakan data masuk dengan lebih cepat, tepat, dan akurat, maka pengambilan keputusan oleh manajemen juga akan menjadi lebih baik dan lebih tepat yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam menentukan kebijakan perusahaan.

Itulah berbagai manfaat dari menggunakan barcode. Agar label barcode ini dapat bekerja secara efektif, maka Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat label barcode tersebut. Dalam pemilihan bahan untuk label barcode tidak bisa sembarangan. Pemilihan bahan label barcode haruslah berkualitas baik agar hasilnya mudah dibaca oleh barcode scanner. Sedangkan, pemilihan bahan label yang kurang tepat dapat mengakibatkan hasil cetak yang kurang jelas dan juga mudah luntur, sehingga barcode yang tertera pada produk menjadi sulit untuk dibaca oleh mesin scanner.

Tipe Bahan Label Barcode

Adapun tipe dari bahan label barcode yang tersebar di pasaran sangatlah banyak, diantaranya semi-coated, thermal paper, ribbon barcode, dan masih banyak lagi. Harga dari bahan label barcode ini pun banyak dan beragam tergantung dari material kertas yang dipilih. Semakin awet, maka semakin mahal juga harganya. Namun dalam pemilihan material untuk label barcode, hal yang penting diperhatikan ialah keawetan dan ketahanan dari bahan itu.

Itulah sedikit informasi mengenai label barcode. Bagi Anda sedang mencari tempat untuk mencetak label barcode untuk produk Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada CAP LABEL (PT Cakra Anugerah Perkasa). CAP LABEL (PT Cakra Anugerah Perkasa) sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan pelayanan pembuatan label di seluruh negeri. Selain menyediakan label produk, CAP LABEL juga menyediakan beberapa produk label lainnya, termasuk label barcode hingga hangtag roll. Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat memperolehnya melalui website official CAP LABEL di caplabel.com atau langsung menghubungi customer service CAP LABEL di nomor (021) 690 4257.

 

 

  • Info Produk Lebih Lengkap Harga Label Barcode Kunjungi : DISINI
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *