Label Produk

Mengenal Lebih Dalam Tentang Label Produk

Sebagai sebuah bentuk dalam branding suatu produk, label memiliki peranan penting. Label sendiri sangat berguna untuk mencari informasi dari suatu produk. Berbeda dengan kemasan yang berguna untuk menyampaikan pesan dari perusahaan, label lebih berfungsi untuk memberi informasi seperti daftar komposisi atau ingredients dari suatu produk. Mari pelajari lebih lanjut mengenai label produk di bawah ini!

Apa Itu Label?

Label adalah sebuah informasi yang menampilkan detail dari produk secara terang-terangan. Konsumen sendiri diharapkan dapat mengetahui gambaran jelas tentang tata cara pemakaian, komposisi, serta efek samping dari suatu produk tersebut melalui label ini. Bersifat sangat penting, aturan dari desain sebuah label sudah diatur dalam perundang-undangan. Menurut undang-undang, label bisa berwujud gambar, tulisan ataupun kombinasi dari dua jenis ini. Label memiliki bermacam-macam media penempatan, salah satunya dapat ditaruh dalam kemasan atau di luar kemasan dari suatu produk.

Jenis-Jenis Label

Selain penempatan, label juga memiliki beberapa jenis yang dapat Anda pelajari lebih lanjut sebelum Anda memutuskan untuk memesan suatu label.

  1. Label Produk

Label dengan jenis ini banyak dipakai untuk memuat informasi lengkap dari produk, seperti bahan dasar, bahan tambahan, informasi gizi, komposisi, kandungan, isi produk, legalitas, dan tanggal keluar. Semua ini harus ada dalam label produk. Hal yang dapat ditambahkan pada label produk, yaitu mencantumkan jenis perijinan ataupun dinas terkait yang wajib untuk ditambahkan seperti BPOM ataupun sertifikat halal. Namun, Anda tetap harus mengatur pemanfaatan ruang dari kemasan produk agar tidak terkesan bertumpuk dan sesuai dengan komposisi.

  1. Label Merk

Berbeda dengan label produk, label merk hanyalah sebuah merk atau logonya saja yang ada pada kemasan produknya. Label merk sendiri bertujuan untuk menjelaskan identitas dari pembuat produk itu sendiri. Produk yang paling sering menggunakan label seperti ini biasanya adalah produk makanan. Hal ini dikarenakan selain untuk menjelaskan, label merk ditujukan untuk membuat ciri khas dari suatu perusahaan agar tampak lebih jelas dan terkesan asli.

  1. Label Tingkat

Jenis label seperti ini biasa dimanfaatkan untuk memberi informasi tentang mutu atau tingkat dari suatu produk. Pada era industri sekarang, label ini diwajibkan untuk dicantumkan guna memudahkan konsumen saat membeli suatu barang. Label tingkat ini biasa dijumpai pada industri wearable.

  1. Label Deskriptif

Label deskriptif biasa dijumpai di hampir semua produk. Sesuai dengan namanya, label ini berfungsi untuk menjelaskan suatu produk. Misalnya, pada industri minuman, biasanya saat Anda melihat sebuah penjelasan seperti “Tetap Nikmat Manisnya Bebas Gula” atau “100% Jeruk Asli”. Penjelasan yang dimaksud cukup luas cakupan maknanya, bisa juga tentang ciri-ciri produk atau cara pemakaian. Contoh dari label yang memakai format seperti ini adalah labelproduk makanan kaleng.

Itulah beberapa jenis label produk. Bagi Anda sedang mencari tempat untuk mencetak label untuk produk Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada CAP LABEL (PT Cakra Anugerah Perkasa). CAP LABEL (PT Cakra Anugerah Perkasa) sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan pelayanan pembuatan label di seluruh negeri. Selain menyediakan label produk, CAP LABEL juga menyediakan beberapa produk label lainnya, termasuk label barcode hingga hangtag roll. Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat memperolehnya melalui website official CAP LABEL di caplabel.com atau langsung menghubungi customer service CAP LABEL di nomor (021) 690 4257.

 

 

 

  • Info Label Produk Lebih Lengkap dan Harga Bisa Kunjungi : DISINI
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *